Caption : Saepudin Caleg DPRD Kab. Lebak Periode 2024-2029
Dapil 2 (Sajira, Maja, Curugbitung, Cipanas, Lebakgedong)
Drs. KH. Iip Makmur Caleg DPRD Prov. Banten Periode 2024-2029
Dapil Kabupaten Lebak (Dok. DPD PKS Lebak/Saepudin) 

OKASI TV - Lebak - Persaingan perebutan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebak pada pemilihan anggota legislatif 2024 akan semakin sengit. Sejumlah wajah baru akan turut mewarnai kontestasi lima tahunan tersebut.

Salah satu calon anggota legislatif (Caleg) yang telah resmi menyatakan kesediaannya untuk maju adalah Saepudin atau lebih dikenal dengan sapaan Kang Adin. Lelaki berusia 33 tahun ini diyakini akan menambah atmosfer persaingan pemilihan makin seru.

Adin merupakan tokoh pengusaha yang lahir dan besar di Desa Banjarsari, Kecamatan Lebakgedong  ini akan maju ke parlemen melalui Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan nomor urut 4 (empat), yang akan bertarung di Daerah Pemilihan Dua (Dapil 2) yang meliputi Kecamatan Sajira, Maja, Curugbitung, Cipanas dan Lebakgedong. 

"Sebagai pendatang baru, saya siap untuk meramaikan pertarungan," kata Adin Kepada Okasitv.com, jum'at (12/5/2023).

Adin menghabiskan masa kecil dan remajanya di Lebak. Pria kelahiran Lebak, 25 September 1990 merupakan alumni SMP Negeri 1 Lebakgedong dan SMA Negeri 1 Cipanas.

Selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA), Adin lalu melanjutkan pendidikan di Universitas Institut Pertanian Bogor (IPB) Jawa Barat. Namun, harapan menjadi Sarjana harus putus di tengah jalan karena keterbatasan ekonomi di waktu itu, Lalu Adin banting setir meniti karir di dunia bisnis hingga kini dirinya menjadi seorang pengusaha. 

Menurut dia, niatnya untuk mencalonkan diri didasari oleh niat berbuat bagi masyarakat, dorongan dan dukungan dari tokoh masyarakat, tokoh agama, serta tokoh pemuda yang ada di Kecamatan Cipanas dan Kecamatan Lebak gedong, membuatnya lebih semangat dan percaya diri. 

Adin mengatakan, sebagian besar masyarakat mendorong agar ada putra Domisili Cipanas yang menjadi wakil mereka di parlemen.

"Harapan inilah yang menjadi dasar bagi masyarakat sehingga berinisiatif mendorong saya untuk maju," beber Adin.

Diketahui sebelumnya, bahwa pada Hari Rabu 10 Mei 2023, Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Lebak mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak, dalam rangka mendaftarkan Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) Anggota DPRD Kabupaten Lebak Periode 2024-2029 sebanyak 50 Bacaleg dari PKS. 

Lantas, apa persiapan pemilik tagline "Komunitas Relawan Saepudin (Kontras)" ini menjelang Pileg 2024?


Menurut dia, saat ini pihaknya telah membentuk posko pemenangan di Kecamatan Cipanas. Secara bertahap, posko serupa juga akan dibentuk di Kecamatan lainnya yang menjadi basis suaranya.

Selain itu, sambung Adin, pihaknya juga mengandalkan simpul keluarga, kerabat, dan handaitolan untuk terlibat langsung dalam proses pencalonannya. Dukungan dari pihak inilah yang memberi keyakinan bagi Adin sehingga optimis bisa mendulang suara.

Selain itu, kata dia, dipilihnya PKS sebagai kendaraan politik karena partai berlambang Bulan Sabit dan Padi itu dinilai sejalan dengan visi dan misinya. Adin mengatakan, program-program sosial kemasyarakatan yang diusung oleh PKS lebih realistis untuk memberi kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Lebak, khususnya Daerah Pemilihan Dua (Dapil 2).

"Saya siap bekerja untuk mendongkrak perolehan suara dan kursi PKS pada Pemilu 2024," ujar Adin. 

Adin mengatakan, keinginannya terjun ke dunia politik lebih didasari oleh niat untuk berbuat bagi masyarakat. Dia menyadari, untuk melakukan suatu perubahan, mustahil bisa dilakukan dari luar.

"Kita harus ada di 'dalam' untuk mewujudkan cita-cita mensejahterakan masyarakat. Saya berprinsip bukan menjadi manusia berhasil tapi menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain," pungkasnya.

(Penulis : Odih Kodari)