Kedai Soto Tangkar dan Sate Kuah Kang Dedih Ahyadi 
Lokasi Kp. Patikus Ds. Leuwilimus Kec. Cikande Kab. Serang 

Okasitv.com - Serang - Soto tangkar merupakan kuliner khas Bogor yang begitu populer di kalangan masyarakat Jawa Barat. Berbeda dengan soto pada umumnya yang biasanya berkuah bening, Soto tangkar memiliki kuah kental dan berwarna kecoklatan yang kaya akan rempah-rempah.

Asal usul Soto tangkar ini sebenarnya berasal dari daerah asalnya yaitu Bogor. Soto tangkar sendiri diambil dari bahasa Sunda "tangkar" yang berarti "tulang rusuk sapi". Dalam penyajiannya, daging sapi yang digunakan adalah bagian tulang rusuk yang kemudian diolah dengan bumbu-bumbu khas Bogor.

Menurut cerita, Soto tangkar pertama kali muncul pada masa penjajahan Belanda di Indonesia. Saat itu, para penjajah mempunyai kebiasaan untuk memakan bagian-bagian daging yang lebih empuk seperti daging paha dan dada, sementara bagian tulang rusuk seringkali diabaikan. 

Hal ini dimanfaatkan oleh para pekerja pribumi yang ingin menghemat pengeluaran dalam membeli daging, sehingga mereka mengambil bagian tulang rusuk tersebut dan kemudian mengolahnya menjadi Soto tangkar.

Awalnya, Soto tangkar hanya disajikan di warung-warung kecil di pinggiran jalan. Namun, karena kelezatannya yang unik dan kaya akan rempah-rempah, Soto tangkar kemudian menjadi populer dan banyak dicari oleh para pelanggan. Saat ini, Soto tangkar sudah menjadi kuliner khas Bogor yang sangat terkenal dan dapat ditemukan di banyak tempat makan di seluruh Indonesia salah satunya di Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang Banten. 

Dedih Ahyadi, selaku Owner El-Ummam Food mengatakan, sudah 5 (lima) tahun dirinya menggeluti bisnis Soto tangkar dan Sate kuah.

"Alhamdulilah, baru memiliki 3 cabang usaha Soto tangkar dan sate kuah. Terletak di daerah Cikande Serang, Jayanti Tangerang, dan Rajeg Tangerang," ucap Dedih, Selasa (20/06/2023).

Disampikan Dedih, selain Soto tangkar dan Sate kuah, tersedia juga menu Soto daging, Sop Ayam, Sop iga, Sop daging, aneka minuman seperti Es teh manis, Es jeruk dan lainnya. 

Dedih Ahyadi Owner El-Ummam Food
Soto Tangkar & Sate Kuah

Usut punya usut, Soto tangkar dan Sate kuah buatan saudara Dedih rasanya beda dari yang lain. Hal itu diungkapkan salah seorang pengunjung sebut saja namanya Odih.

"Soto kang Dedih tuh Rasanya beda, kuahnya itu bikin goyang lidah dan ketagihan," kata Odih, sambil tersenyum menikmati Soto tangkar.

Bagi pecinta kuliner, mencicipi Soto tangkar menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Kelezatan kuah yang kental dan rempah-rempah yang kaya membuatnya menjadi salah satu kuliner khas bogor yang paling disukai. 

Nah, dari pada bikin penasaran silahkan datang ke alamat Jln. Patikus Kp. Patikus Ds. Leuwilimus Kec.Cikande Provinsi Banten, untuk Kedai yang di Cikande.

Ruko Aryamekarsari, Jl. Raya Rajeg No. A11, Mekarsari Kec.Rajeg, Kab. Tangerang Provinsi Banten, untuk kedai yang di Rajeg. (Adm).