Foto: Bendahara Umum DPD LSM Genpar Kab.Lebak, Deni R Johari (kiri) salurkan bantuan santunan yatim piatu ke Pengurus Yatim Piatu Ds.Talaghiyang, Ustadz Ahyani (kanan) di Kp.Sukamaju, Ds.Talagahiyang, Kec.Cipanas, Lebak, pada Kamis (11/4/2024) siang. 

OKASITV.Com - Idul Yatama atau hari raya anak yatim adalah istilah yang digunakan sebagai hari kebahagiaan untuk anak yatim yang diperingati setiap tanggal 10 Muharram.

Istilah ‘Lebaran Yatim’ merupakan istilah yang mirip dengan perayaan lainnya, seperti Hari Ibu, Hari Ayah, Hari Pahlawan, dan peringatan lainnya.

Sebagaimana dalam hadits riwayat Abu Dawud ra. dinyatakan bahwa Hari Raya umat Islam hanya ada dua, yaitu Idul Adha dan Idul Fitri, sementara Idul Yatama atau Lebaran Yatim digunakan untuk memuliakan anak yatim di bulan suci Muharram. 

Nabi Muhammad SAW sangat menyayangi anak-anak yatim. Dan beliau lebih menyayangi lagi pada hari Asyura (tanggal 10 Muharam). Seperti pada kitab Tanbihul Ghafilin bi-Ahaditsi Sayyidil Anbiyaa-i wal Mursalin hadis dibawah ini.

“Barangsiapa berpuasa para hari Asyura (tanggal 10) Muharam, niscaya Allah akan memberikan seribu pahala malaikat dan pahala 10.000 pahala syuhada’. Dan barang siapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura, niscaya Allah mengangkat derajatnya pada setiap rambut yang diusapnya.” kitab Tanbihul Ghafilin bi-Ahaditsi Sayyidil Anbiyaa-i wal Musalin. 

Namun pada hakikatnya dalam menyantuni anak yatim bisa dilakukan kapan saja, tidak harus menunggu tanggal 10 Muharram. Maka dari itu bahagiakanlah para anak yatim setiap saat, karena tidak ada pengkhususan untuk waktunya.

Seperti halnya dilakukan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Nasional Pajajaran (Genpar) Kabupaten Lebak, menyalurkan bantuan santunan putra-putri yatim ke pengurus putra-putri yatim Desa Talagahiyang, Ustadz Ahyani, di Masjid Jami Al-Kautsar tepatnya di Kp.Sukamaju, Ds.Talagahiyang, Kec.Cipanas, Kab.Lebak, Banten. Kamis (11/4/2024) Siang.

Ketua DPD LSM Genpar Kabupaten Lebak, Kholil Anwar melalui Bendahara Umum, Deni R Johari mengatakan, pemberian santunan merupakan langkah untuk menumbuhkan semangat dan motivasi bagi anak yatim agar mereka merasa diperlakukan sebagaimana layaknya anak-anak yang lain.

"Disamping itu pula, pemberian santunan dimaksudkan sebagai kepedulian DPD LSM Genpar Kabupaten Lebak terhadap para yatim piatu," ucap pria yang akrab disapa Bendum ini.

Meski tak seberapa yang di berikan kepada mereka (yatim piatu-red) kata Johari, pihaknya berharap dapat membahagiakan mereka dan yang paling penting adalah berkumpul suka cita di hari Idul Fitri ini bersama anak-anak yatim piatu.

"Kami atas nama Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Nasional Pajajaran Kabupaten Lebak, mengucapakan banyak terima kasih kepada semua pihak baik dari unsur Instansi Pemerintahan maupun Swasta, Dermawan dan Dermawati atas kolaborasi serta sumbangsihnya, semoga Allah membalas dengan berlipat ganda, amin" tutupnya.

Sebagai Informasi, Pengurus Yatim Piatu Desa Talagahiyang dan Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Kautsar serta Pemerintah Desa Talagahiyang akan menggelar perayaan santunan putra putri yatim ke 46 pada Kamis (11/4/2024) malam, di Halaman Masjid Jami Al-Kautsar bertema 'Memupuk Cinta Kasih Bersama Anak Yatim'. 

Penulis : (Odih Kodari)